November 27, 2020

Wamenhan Bersama Wamen LHK Tinjau Lahan Food Estate di Kalteng

Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono. (Foto : Instagram @swtrenggono)


Bisnispost.com, Jakarta – Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono bersama Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong melakukan peninjauan secara langsung lahan yang akan digunakan untuk pengembangan kawasan “Food Estate” di Kalimantan Tengah.

Wamenhan dan rombongan bertolak dari Lanud Halim Pedana Kusuma, Rabu Pagi (1/7/2020) menggunakan pesawat TNI AU menuju Kalteng. Turut pula dalam peninjauan ini, Dirjen Renhan Kemhan Marsda TNI Dody Tri Sunu dan juga Tim Pakar / Ahli dari LIPI, UNEJ, ITB dan IPB.

Tiba di Bandara Internasional Bandar Udara Tjilik Riwut Palangkaraya, Wamenhan dan rombongan disambut oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran beserta jajaran Forkopimda Kalteng, selanjutnya menuju ke dua tempat peninjauan yakni di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Barito Timur menggunakan Helikopter Puma TNI AU.

Peninjauan diawali ke Desa Belanti Siam, Kecamatan Pande batu, Kabupaten Pulang Pisau. Wamenhan dan rombongan disambut langsung oleh Bupati Pulang Pisau Ir. Edy Pratowo dan meninjau tanaman padi yang tumbuh subur menghijau dan tidak lama lagi panen di daerah tersebut.

Selanjutnya, Wamenhan melanjutkan peninjauannya ke Desa Batara, Kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Barito Timur. Wamenhan disambut oleh Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas. Rencananya, wilayah tersebut akan dikembangkan menjadi lahan untuk pengembangan tanaman jagung dan singkong.

Wamenhan mengatakan, kunjungan ini dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden RI Joko Widodo terkait rencana pembangunan dan pengembangan kawasan “Food Estate” di Kalteng dalam rangka memperkuat ketahanan pangan nasional yang merupakan bagian dari kedaulatan negara.

Dalam pengembangan kawasan “Food Estate” di Kalteng, Kementerian Pertahanan bersinergi bersama dengan Kementerian PUPR, Kementerian Pertanian, Kementerian LHK dan Kementerian BUMN.

“Kunjungan ini untuk melihat potensi kalau kita bangun ekonomi disini dengan tanaman pangan bisa memberikan manfaat untuk masyarakat dan juga untuk Indonesia secara umum”, ungkap Wamenhan. (han)