December 3, 2020

Wijaya Karya Beton (WTON) Perkirakan Pendapatan Turun 25 Persen

Perseroan memprediksi akan adanya penurunan total pendapatan dan laba. (Foto : Instagram @wikabeton)


Bisnispost.com, Jakarta – Anak usaha dari perusahaan BUMN wijaya karya (WIKA) yang bergerak di bidang industri beton pracetak dan jasa kontruksi PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON) mengakui akan dampak dari pandemi covid-19 pada operasional usaha, hingga penurunan pendapatan.

Pada laporan dampak covid-19 WTON yang di sampikan kepada BEI Selasa (16/6/2020) Yuhemi Sisdwi corporate secertary perseroan menyatakan, kondisi kelangsungan usaha perseroan terdampak covid-19 hingga terjadi penghentian oprasional sebagian dengan perkiraan jangka waktu penghentian 1 sampai 3 bulan.

Lebih lanjut dijelaskan, Pembatasan operasional bergantung pada peraturan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat. Sampai dengan saat ini, Perseroan memberlakukan kebijakan Work From Home (WFH) di unit Kantor Pusat mengikuti
kebijakan pemerintah.

Penghentian sementara operasional itu sejatinya adalah penyumbang 25 hingga 50 persen terhadap kontribusi pendapatan dari kegiatan operasional perseroan pada tahun 2019.

Perseroan memprediksi akan adanya penurunan total pendapatan dan laba hingga Periode yang berakhir per 31 Mei 2020 dibandingkan 31 Mei 2019 hingga 25 persen.

Strategi yang dilakukan oleh anak BUMN itu dengan Program cost reduction (efisiensi biaya) baik pada HPP maupun biaya usaha, Memaksimalkan penjualan atas kontrak lama, Memastikan jaminan pembayaran dengan menjalankan prosedur kontrol pengiriman barang.

Monitoring jadwal produksi dan distribusi untuk mengendalikan persediaan dan melakukan percepatan bila dibutuhkan, Berkoordinasi secara intens ke pelanggan untuk memastikan jadwal distribusi bisa terpenuhi,Mengamankan klausul di kontrak terkait pengakuan progress produksi, distribusi dan pemasangan. (ten)