October 29, 2020

Yenny Wahid Ditunjuk Jadi Komisaris Independen PT Garuda


Businesstoday.id, Tangerang – Rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang digelar Rabu (22/1/2020) menunjuk para Komisaris dan Direksi baru BUMN plat merah tersebut.

Irfan Setiaputra resmi didapuk sebagai Direktur Utama menggantikan I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra yang dicopot dari jabatannya karena terkait dengan skandal penyelundupan motor Harley Davidson dan sepeda Brompton di pesawat Garuda.

Selain itu RUPSLB juga mengangkat Dony Oskaria untuk mendampingi Irfan Setiaputra sebagai Wakil Direktur Utama Garuda Indonesia. Dony merupakan anggota dewan komisaris Garuda Indonesia sekaligus anggota Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN).

Dalam kesempatan yang sama, pemegang saham emiten bersandi GIAA itu menunjuk Mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf sebagai Komisaris Utama untuk menggantikan Sahala Lumban Gaol.

Salah seorang pendukung Jokowi yang belakangan terus kampanye antiradikalisme, Zannuba Ariffah Chafsoh alias Yenny Wahid, ditunjuk menjadi Komisaris Independen.

“Yenny Wahid ditunjuk sebagai komisaris independen. Komisaris utamanya Pak Triawan Munaf,” ujar pemimpin RUPSLB sekaligus Komut Garuda terdulu, Sahala Lumban Gaol, di Kantor Garuda Indonesia, Tangerang, Banten, Rabu 22 Januari 202.

Yenny Wahid adalah anak kedua Presiden keempat RI mendiang KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Selama ini ia dikenal sebagai Direktur Wahid Institute yang berkoar-koar soal intoleransi dan radikalisme. Pernah menjadi Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), tetapi PKB kubu Yenny akhirnya dikalahkan oleh kubu Muhaimin Iskandar yang notabene masih keluarga.

Berikut susunan Dewan Komisaris dan Dewan Direksi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. hasil RUPSLB pada Rabu (22/1/2020).

Komisaris:
Komisaris Utama: Triawan Munaf
Wakil Komisaris Utama: Chairal Tanjung
Komisaris Independen : Yenny Wahid
Komisaris Independen: Elisa Lumbantoruan
Komisaris : Peter Gontha

Direksi:
Direktur Utama : Irfan Setiaputra
Wakil Direktur Utama : Dony Oskaria
Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko : Fuad Rizal
Direktur Operasi : Tumpal Manumpak Hutapea
Direktur Human Capital : Aryaperwira Adileksana
Direktur Teknik : Rahmat Hanafi
Direktur Layanan, Pengembangan Usaha, dan IT : Ade R. Susardi
Direktur Niaga dan Kargo : M. Rizal Pahlevi (sua)


Leave a Reply

Your email address will not be published.