December 3, 2020

Yusril Izha Mahendra Ajak Partai Gurem Perjuangkan Parliamentary Threshold

Pakar Tata Negara, Prof Dr Yusril Ihza Mahendra. (Foto : Instagram @yusrilihzamhd)


Bisnispost.com, Jakarta – Pakar Tata Negara, Prof Dr Yusril Ihza Mahendra mengajak partai-partai gurem untuk memperjuangkan besaran parliamentary threshold (PT) atau ambang batas parlemen yang mampu meminimalisir suara rakyat hangus.

Hal itu karena menurut dia, pemberlakuan ambang batas parlemen mestinya memperhatikan azas kedaulatan rakyat. 

“Yang paling utama dan Seharusnya selalu menjadi semangat nasional adalah azas kedaulatan rakyat. Bagaimana agar tidak ada lagi suara sah pemilih yang hangus Karena PT,” katanya dalam Forum Sekjen Pro Demokrasi, Kamis (11/6/2020).

Pernyataan tersebut dia sampaikan menanggapi perdebatan tentang besaran PT dinaikan dari 4 persen menjadi 7 persen. 

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) ini pun mengajak partai-partai yang tak setuju dengan kenaikan PT 7 persen untuk berjuang bersama.

“Inilah mengapa saya sampaikan opsi koalisi parpol sebelum Pemilu, dimana parpol-parpol dapat bergabung berjuang bersama,” tekannya.

Hadir dalam forum itu beberapa Sekretaris Jenderal dari partai-partai yang belum lolos ke Senayan. Diantaranya Sekjen Berkarya Priyo Budi Santoso, Sekjej PBB Alfriansyah Ferry Noor, Sekjen Partai Garuda Abdullah Mansuri, Sekjen Partai Hanura Gede Pasek Suardika, Ketua Biro HUKUM PSI Rian Ernest, mewakili Sekjen dan Sekjen PKPI Verry Surya Hendrawan. (rad)