BISNISPOST.COM – Montessori tentu bukanlah hal yang baru bukan untuk kita. Terutama bagi Anda yang banyak mengikuti perkembangan ilmu parenting.

Metode pendidikan yang dikembangkan oleh seorang dokter wanita asal Italia yang bernama Maria Montessori ini, bahkan sudah ada bahkan sejak awal abad ke-20.

Keilmuan dari penemunya digunakan untuk memaksimalkan kemampuan anak-anak.

Teknik Montessori sangat menekankan kemandirian. Itu sebabnya banyak orang tua yang mengadopsi teknik parenting ini dan lalu menyekolahkan anak-anaknya di sekolah yang berbasis Montessori. Tak hanya para pengajarnya, orang tua juga berperan besar di dalam keberhasilan mencapai tujuan.

Anda salah satu orang tua yang menerapkan prinsip ini di dalam mengembangkan kemampuan anak-anak Anda? Persiapkan berbagai macam peralatan yang bisa dijadikan alat belajar sekaligus bermain anak-anak Anda. Tak perlu yang wah dan mahal, yang sederhana namun memiliki tujuan tertentu, juga tak kalah bagusnya.

Sebagai referensi, berikut ini beberapa jenis mainan yang bisa Anda persiapkan untuk mainan Montessori anak-anak Anda.

1. Balok Kayu Mainan

Setiap anak yang ikut Montessori wajib memiliki mainan ini. Ya, mainan balok kayu. Mainan yang satu ini mengajarkan anak Anda tentang konsep berkreasi. Mengasah daya kreativitas anak sesuai dengan usia dan tahap perkembangannya.

Bagi kita, menumpuk-numpuk balok kayu ini terlihat mudah dan sederhana. Akan tetapi bagi anak-anak, hal tersebut bisa jadi rumit. Akan tetapi dengan stimulasi yang terus menerus, dengan tanpa paksaan, kreativitas anak akan terasah. Dengan sendirinya anak jadi mengenal bentuk, warna, dan juga mungkin bangunan yang akan dibuatnya.

Jika tahapan anak sudah lebih maju, Anda bisa sambil mengenalkan hal-hal lain. Misalnya profesi atau apa pun yang nantinya berhubungan dengan bangunan yang dibentuk anak. Dengan begitu, anak diasah untuk berpikir lebih kreatif lagi.

Selain kreativitasnya semakin meningkat, membimbing anak bermain Montessori dengan balok kayu mainan ini juga akan memperkuat bonding antara Anda dengan anak Anda.

Sebagai masukan, saat membeli mainan balok kayu, pilihlah yang kualitasnya bagus. Baik dari kualitas kayunya hingga kualitas catnya.

2. Mainan yang Digenggam

Mainan berikutnya yang wajib dimiliki anak yang belajar Montessori adalah mainan-mainan yang bisa digenggam.

Mainan seperti sangat bermanfaat di dalam meningkatkan kemampuan sensori anak. Misalnya sensori terhadap halus kasarnya benda dan besar kecilnya benda.

Jika mainannya bisa berbunyi, tentu hal ini akan menambah kemampuan sensori yang lain, yakni sensori pendengaran.

Mainan jenis ini paling tepat diberikan kepada bayi, balita, atau pun anak-anak kecil yang masih perlu dieksplor kemampuan sensorinya. Dalam memilihnya, pastikan bahan dan pewarnanya aman. Sebab bagi anak di tahap ini, mainan-mainan seperti ini pasti akan digigitnya.

3. Mainan Sensori

Mainan yang bisa digenggam memang akan memaksimalkan kemampuan sensori anak. Tetapi biasanya terbatas pada sensori kulit. Nah di poin 3, mainan sensori yang dimaksud adalah mainan sensori secara menyeluruh. Semua panca indra anak sebisa mungkin dilibatkan. Bahkan termasuk sensori motoriknya.

Untuk hal ini, mainan jenis ini juga akan efektif jika diberikan sejak dini. Supaya sensori anak berkembang maksimal.

4. Teether kayu

Mainan Montessori juga ada yang sekaligus berfungsi lain. Misalnya saja sebagai teether. Nah mainan jenis ini juga bisa Anda berikan kepada anak Anda. Selain untuk merangsang pertumbuhan gigi juga sebagai alat untuk mengembangkan sensori lainnya juga.

Misalnya motorik halus dalam menggenggam dan juga sensori mata dari bentuk dan warnanya. Pilih yang bahannya aman dan foodgrade ya jika Anda memberikan mainan ini pada anak Anda.

5. Board book

Sebelum mengenal buku konvensional yang biasa dibaca orang-orang dewasa, anak-anak, terutama yang belajar Montessori akan lebih baik jika diberi mainan berupa Board Book.

Yakni sejenis buku yang terbuat dari kertas tebal, misalnya karton. Aneka warna, gambar, tekstur dan juga detailnya, bahkan ada yang bisa berbunyi, akan merangsang banyak sekali kemampuan anak Anda.

Membacakan board book tersebut bersama-sama akan lebih baik lagi. Sebab ini juga akan menjadi ajang untuk mempererat bonding Anda dengan anak Anda.

6. Mainan Susun

Mainan ini juga bagus untuk meningkatkan kemampuan anak Anda. Terutama sisi matematis anak. Mainan yang berkonsep pada aneka ukuran, dan lalu bentuk, yang kemudian diurutkannya juga sangat seru. Pemilihan aneka bentuk, ukuran, dan juga warna akan membuat anak-anak suka memainkannya.

7. Puzzle

Puzzle juga termasuk ke dalam mainan yang wajib dipunyai anak Montessori. Tapi tentu, kerumitannya disesuaikan dengan usia anak. Mainan jenis ini akan meningkatkan kreativitas dan juga kemampuan problem solving anak. Memecahkan permasalahan secara bersama juga akan lebih baik. Terutama dalam hal membangun bonding.

8. Alat musik mainan

Mainan ini pun tak kalah bermanfaat. Terutama dalam merangsang sensori pendengarannya. Alat musik sederhana saja bisa. Dan seiring bertambah usia anak, bisa semakin meningkat dengan alat musik yang semakin rumit juga. Selain sensori pendengaran, alat musik juga bisa meningkatkan kecerdasan intelektual anak.

Itu dia referensi mainan anak-anak Montessori. Kesemuanya baik untuk meningkatkan kemampuan anak. Pastikan memilihnya sesuai dengan usia.

Untuk membeli mainan Montessori, Anda bisa langsung buka aplikasi Blibli Anda. Beraneka macam mainan jenis-jenis di atas tersedia di sana dengan harga dan kualitas yang beragam. Pilih saja yang terbaik untuk anak Anda. Selamat berbelanja!***

Klik Google News untuk mengetahui aneka berita dan informasi dari editor Bisnisnews.com, semoga bermanfaat.